Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Ditolak Mapenda

Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Ditolak Mapenda

Written By P U I on Selasa, Mei 26, 2009 | 6:41:00 AM

SUDIRMAN, (GM).-Keinginan pemerintah pusat untuk menciptakan lulusan yang siap pakai dari sekolah menengah kejuruan (SMK) sepertinya sulit terwujud. Rencana pendirian madrasah aliah kejuruan (MAK) ternyata ditolak Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Departemen Agama RI.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Kanwil Depag Jabar, H. Momon Herdiyanto mengatakan, alasan penolakan itu karena tidak ada dana dan tidak adanya minat dari sejumlah perusahaan terhadap lulusan MAK/SMK.

"Padahal, pemerintah sendiri memprogramkan agar lulusan SMA dengan SMK akan menjadi 30:70. Selain itu, banyak juga aspirasi masyarakat yang datang dan menanyakan kapan Depag mendirikan MAK. Karena melihat minat SMK yang membeludak, katanya untuk MA kejuruan mana?" kata Momon kepada "GM" di ruang kerjanya, Jln. Sudirman Bandung, Jumat (18/7).

Sebelumnya, untuk menciptakan lulusan yang siap pakai di dunia industri, Mendiknas Bambang Soedibyo menggalakkan sekolah menengah kejuruan (SMK). Mendiknas pun meminta kepada Dinas Pendidikan se-Indonesia untuk tidak membuka lagi SMA.

Program tersebut juga bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan diharapkan para lulusan SMK dapat memiliki jiwa entrepreneur. Akibat kebijakan tersebut, tiga tahun belakangan ini animo masyarakat membeludak untuk mengenyam pendidikan di SMK.

Akibat penolakan, lanjut Momon, sejumlah MAK swasta seperti di Indramayu, Cirebon, Garut, Cianjur, dan Sukabumi. MAK yang didirikan berubah namanya menjadi SMK karena kini menginduk pada Disdik di daerah masing-masing. sumber:www.klik-galamedia.com
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Tim Media PUI
Copyright © 2009. PUI - Persatuan Ummat Islam - All Rights Reserved