Headlines News :
Home » , , , , , , , » PUI Ingin Tingkatkan Peran Sosialnya

PUI Ingin Tingkatkan Peran Sosialnya

Written By P U I on Kamis, November 05, 2009 | 6:03:00 PM

BANDUNG; Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Umat Islam (PUI), Ahmad Heryawan, menginginkan ormas yang dipimpinnya itu terus memiliki peran nyata di dalam masyarakat. Ia menekankan perlunya peningkatan peran sosial dan ekonomi PUI.

''Sudah saatnya, PUI dikenal di masyarakat melalui gerakan sosial dan ekonominya,'' kata Heryawan di Bandung, kemarin. Ia menambahkan, saat ini lembaga pengelola zakat lebih bernilai di mata masyarakat dibandingkan ormas.

Sebab, jelas Heryawan, lembaga zakat lebih nyata perannya dalam membantu masyarakat. Namun, ia juga menegaskan, tak hanya gerakan sosial dan ekonomi yang ingin ditingkatkan PUI, tapi sektor pendidikan yang selama ini digarap PUI juga harus terus dijalankan.

Heryawan mengatakan, PUI memang selama ini fokus di bidang pendidikan. Namun, saat itu, kata dia, PUI melebarkan peran yang dimainkannya, yaitu dalam bidang sosial dan ekonomi. Ia memiliki alasan kuat, mengapa PUI mesti menguatkan perannya di bidang sosial.

Menurut Heryawan, banyak peran sosial yang saat ini diabaikan ormas Islam. ''Kami optimistis, bila ormas Islam mengambil peran itu, akan lebih bisa diterima masyarakat. Dengan demikian, ormas Islam kembali menjadi gerbong kekuatan masyarakat,'' katanya.
Heryawan menegaskan pula, kiprah ekonomi PUI di dalam masyarakat juga merupakan hal yang penting. Sebab, kata dia, akan ada cerita yang berbeda jika persoalan ekonomi bangsa bisa dituntaskan melalui campur tangan ormas Islam, yang membawa misi dakwah.

Tentu jika ormas Islam ikut serta dalam menyelesaikan masalah ekonomi di dalam masyarakat, jelas Heryawan, bangsa ini akan lebih sejahtera dan berkeadilan. ''Warga PUI diharapkan mampu menyatukan pandangan dalam mengoptimalkan peran di dalam masyarakat,'' katanya.

Menurut Heryawan, telah lama PUI memainkan perannya dalam bidang pendidikan dan dakwah. Ini terbukti dengan ribuan lembaga pendidikan yang dimiliki PUI dari tingkat raudlatul athfal, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, hingga perguruan tinggi.

Dengan kenyataan ini, kata Heryawan, PUI telah memiliki modal besar sejak ormas ini lahir di Bogor pada 5 April 1952. Kini, PUI juga telah menyebar ke sejumlah wilayah. PUI ada di DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, dan Yogyakarta.Selain itu, ungkap Heryawan, PUI juga memiliki kepengurusan di luar Jawa, yaitu di Lampung, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Aceh, Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan.

Di sisi lain, Heryawan mengungkapkan bahwa telah terjadi regenerasi di dalam tubuh PUI. Dalam kepengurusannya yang akan berakhir pada Desember 2009, sejumlah perbaikan dan regenerasi telah ia upayakan. Ia berharap PUI akan lebih baik. Pada akhir tahun ini juga, jelas Heryawan, akan diselenggarakan PUI untuk membentuk kepengurusan baru periode 2009-2014. sandy ed:ferry
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Tim Media PUI
Copyright © 2009. PUI - Persatuan Ummat Islam - All Rights Reserved