Headlines News :
Home » , , , » Maklumat DPP PUI Tentang Awal Ramadhan 1434 H./2013 M.

Maklumat DPP PUI Tentang Awal Ramadhan 1434 H./2013 M.

Written By P U I on Rabu, Juli 03, 2013 | 8:22:00 AM



بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

MAKLUMAT
DEWAN PENGURUS PUSAT PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI)
Tentang :
PENETAPAN AWAL RAMADHAN 1434 H.


Allah SWT. berfirman :
هُوَ الَّذِى جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَ مَاخَلَقَ الله ذَلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الْأَيَتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُوْنَ
"Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang Mengetahui". (QS. Yunus; 5)

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا الله عَلَى مَاهَدَىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah; 185)

Hadist Nabi Saw. :
لاَتَصُوْمُوْا حَتىَّ تَرَوُا الهِلاَلَ وَلاَ تُفْطِرُوْا حَتىَّ تَرَوْهُ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوْالَهُ
"Janganlah kalian berpuasa sehingga melihat hilal dan jangan pula mengakhiri puasa sehingga melihat hilal. Jika hilal tidak terlihat atas kalian maka sempurnakanlah bilangannya". (HR. Bukhari Muslim dari Ibnu Umar)

إِذَا رَأَيْتُمُ الْهِلاَلَ فَصُوْمُوْا وَإِذَا رَأَيْتُمُوْهُ فَأَفْطِرُوْ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَصُوْمُوْا ثَلاَثِيْنَ يَوْمًا

"Jika kalian telah melihat hilal maka berpuasalah dan jika kalian sudah melihat hilal maka berhari rayalah. Jika hilal tidak terlihat atas kalian maka berpuasalah kalian 30 hari" (HR. Bukhari Muslim dari Abu Hurairah)

Berdasarkan dalil-dalil yang ada dan hasil hisab Badan Hisab dan Rukyat Dewan Pengurus Pusat PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) serta merujuk kepada keputusan Fatwa MUI No. 02 tahun 2004. Maka dengan ini Dewan Pengurus Pusat PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) menyampaikan maklumat sebagai berikut:

A.   Mengawali Ramadhan dan mengakhirinya dapat dilakukan 3 cara yaitu: 1. Ru’yatul Hilal bil Fi’li (melihat hilal langsung), 2.Ikhbar (informasi akurat dari orang terpercaya dan ahlinya), 3. Istikmal (menggenapkan hitungan bulan sya’ban 30 hari).

B.    Dalam penetapkan awal Ramadhan pada saat ini ada 2 pendapat yang berkembang yaitu: ada yang berpedoman pada ru’yah dan ada yang berpedoman pada hisab yakni hisab hakiki wujudul hilal. Kedua pihak sama-sama mempunyai dalil dan pedoman yang tidak mesti dipertentangkan apalagi dipersalahkan.

C.   Dalam hal ini DPP PUI menggabungkan kedua pendekatan di atas (ru’yat dan hisab).

D.   Awal Ramadhan 1434 H.
1.   Ijtima’ (akhir sya’ban) menjelang Ramadhan 1434 H., jatuh pada hari Senin tanggal 8 Juli 2013 M., bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban 1434 H., pukul 14.14 WIB.
2.  Tinggi hilal pada saat matahari terbenam/magrib: 0045’58” (ghairu imkanurru’yah) maka Sya’ban 1434 H. digenapkan/ diistikmalkan 30 hari.
3.  Penetapan resmi 1 Ramadhan 1434 H. dilakukan dengan ketetapan menteri agama berdasarkan keputusan sidang istbat.

E. Diserukan kepada seluruh keluarga besar PUI dan seluruh kaum muslim untuk menjunjung tinggi syi’ar Ramadhan dengan semangat ukhuwah islamiyah dan persatuan ummat islam. Dengan tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut diatas.

Demikian maklumat ini kami sampaikan, untuk dijadikan pedoman bagi seluruh keluarga besar Pesatuan Ummat Islam (PUI) khususnya, serta kaum muslimin dan muslimat pada umumnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1434 H.

Jakarta, 17 Sya'ban 1434 H. / 26 Juni 2013 M.
BADAN HISAB DAN RUKYAT DPP PUI,

 ttd.

K.H. Drs. Sulhan, MA.
Ketua

Mengetahui,
Dewan Pengurus Pusat
PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI)
                             
                                ttd.                                                              ttd.

H. Nurhasan Zaidi                                       H. Ahmadie Thaha
                         Ketua Umum                                             Sekretaris Jenderal
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Tim Media PUI
Copyright © 2009. PUI - Persatuan Ummat Islam - All Rights Reserved