Headlines News :
Home » , » Pernyataan Sikap Tentang Kurikulum Baru Tahun 2013

Pernyataan Sikap Tentang Kurikulum Baru Tahun 2013

Written By P U I on Kamis, Juni 27, 2013 | 7:34:00 PM

 
DEWAN PENGURUS PUSAT
PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI)


Tentang:
Kurikulum Baru Tahun 2013

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Menyikapi telah diluncurkannya draft kurikulum baru tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI dan rencananya akan diberlakuan tahun ajaran 2013/2014. Kami Dewan Pengurus Pusat PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) dengan ini menyataan sikap sebagai berikut:

1.Kami DPP PUI masih meragukan “niat baik” dan “keikhlasan” di balik pembuatan kurikulum baru tahun 2013, yang terkesan dipaksakan dan hanya sekedar untuk proyek pengadaan buku serta pelatihan guru semata. Oleh karena itu Kami mendesak kepada DPR untuk tetap menahan anggaran kurikulum tahun 2013 agar tidak diloloskan.

2.Kami DPP PUI masih tidak yakin dengan apa yang disebut kurikulum tahun 2013 itu, apa isi sebenarnya?, sebab Kami belum bisa menilai serta mengujinya secara tuntas dikarenakan sampai saat ini belum ada “sosok lengkap” kurikulum dimaksud, meskipun Komisi X DPR RI sudah berkali-kali meminta ke Mendikbud di rapat-rapat resmi. Yang disebut kurikulum 2013 dan diujipublikan, itu baru sebatas bahan presentasi dan bukan kurikulum yang sebenarnya.

3.Kami DPP PUI melihat draft kurikulum baru tahun 2013 ternyata cacat hukum. UU Sisdiknas Pasal 36 ayat4 mengamanatkan bahwa pengembangan kurikulum harus diwujudkan dalam bentuk PP, bukan sekedar permen. Niat Mendikbud membuat PP sebagai payung hukum kurikulum sudah betul, akan tetapi menjadi salah ketika pembuatan PP itu hanya sekedar untuk melanggengkan keberadaan kurikulum agar tidak digonta-ganti oleh menteri-menteri selanjutnya. Pembuatan PP pengembangan kurikulum merupakan tuntutan UU sisdiknas yang wajib dibuat setiap kali kurikulum baru dikembangkan, dengan alasan cacat hukum hendaknya masyarakat dan DPR menolak apa yang disebut dengan kurikulum tahun 2013, sampai semuanya jelas, yang dibuktikan dengan diterbitkannya PP tentang pengembangan kurikulum.

Demikianlah penyataan sikap Kami. Semoga Allah membantu perjuangan kita semua dan selalu memberikan hidayah serta bimbingannya disetiap langkah kita semua. Amin.

Jakarta, Rabu, 11 Rabiul Awal 1434/23 Januari 2013

H.Nurhasan Zaidi
(Ketua Umum)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Tim Media PUI
Copyright © 2009. PUI - Persatuan Ummat Islam - All Rights Reserved